Pages

Monday, November 1, 2010

Memainkan Video di Linux

Awalnya ketika saya berpindah ke Linux, muncul sebuah pemikiran "kalo di Linux mau memainkan film pake software ap yah?" Bingung ne... :) Rupanya di Linux sudah ada bawannya yaitu Totem movie Player (GStreamer). Namun, setelah lama digunakan rasanya kurang memuaskan..
Akhirnya setelah meraun2 sana-sini dapat deh sebuah software yang namanya "MPlayer". Ketika pertama x pakai langsung jatuh cinta ne.. Karena selain bisa digunakan secara GUI bisa jg digunakan secara "command-line". Skin yang disediakan juga banyak n keren2.Selain itu, bisa memainkan banyak jenis file video jg. Ok de..bagi teman2 yang berminat berikut ini cara install dan konfigurasinya..

1. Download dolo source Mplayer nya..bisa dari situsnya di www.mplayerhq.hu.. Bisa juga dari link di bawah ini :
http://linux.softpedia.com/dyn-postdownload.php?p=20&t=0&i=1

2. Extract dan masuk ke dalam direktorinya kemudian ketik perintah berikut.

./configure --enable-gui
make
su (untuk menjadi root)
make install

Tanpa "--enable-gui" kita terpaksa memainkan filmnya secara command line.

3. Tapi walaupu kita sudah membuat "enable gui" kita belum bisa membuka mplayer nya secara GUI.. lo?napa?cari masalah rupanya penulis ini.. :D. Bukan begitu, saudara-saudara, hal ini dikarenakan mplayer tersebut belum memiliki "skin" alias masih terlanjang. jadi malu untuk muncul,..hehe..

4. So, sekarang kita cari skinnya.. Skinnya bisa di dapat di situs asalnya disni:
http://www.mplayerhq.hu/design7/dload.html#source

buaanyak de..silahkan pilih 5 seringgit..hehe.. :)

5. Cara install skinnya : download skinnya, extract, kemudian copy 1 folder (termasuk foldernya) ke /usr/local/share/mplayer/skins/
Kemudian ubah nama foldernya menjadi "default" tanpa tanda kutip

6. Mungkin di antara kita ada yg suka koleksi skin.. yah...tinggal copy aj folder skinnya ke /usr/local/share/mplayer/skins/
Tapi ingat!! Harus ada 1 folder yang bernama default..

7. Ok de.. Mplayernya siap digunakan.. Untuk sedikit tips untuk membuatnya full screen cukup tekan "F". Selamat menikmati.. :) ..

Berikut ini screenshot dari Mplayer saya menggunakan skin "Terminator3" .. Cool,huh? :)




0 comments: